Wednesday, October 31, 2018

SEMANTIC NETWORK PADA PEMBELAJARAN KIMIA


SEMANTIC NETWORK PADA PEMBELAJARAN KIMIA

Pengertian Semantik  Secara etimologis, arti semantik berasal dari kata Yunani sema yang merupakan kata benda yang berarti 'tanda' atau 'simbol' dan samaino (kata kerja) yang memiliki arti "tanda" atau "melambangkan". Sedangkan istilah semantik dalam terminologi adalah studi tentang simbol atau tanda yang mengungkapkan makna, hubungan makna satu sama lain, dan hubungan antara kata-kata dengan konsep atau makna kata.

Semantic network adalah representasi yang mengekspresikan solusi permasalahan dengan menggunakan network (graph berarah). Di dalamnya menggunakan node (simpul) untuk merepretasikan suatu kondisi, dan arc (link) untuk merepretasikan relasi antar simpul. Semantic network ini adalah representasi yang bersifat :
1.      Lexically, di dalamnya terdapat node(simpul), link dan batasan-batasan khusus dari permasalahan
2.      Structurally, masing-masing link akan terkoneksi dari simpul yang paling depan(head node) sampai simpul yang paling belakang (tail node).
3.      Semantically, semua simpul dan link merepretasikan permasalahan tetap berada dalam batasannya.

Dengan kata lain semantic network adalah :
1.      Jaringan yang merepresentasikan relasi semantic dengan konsep.
2.      Terdiri dari nodes (konsep) dan arcs (relasi antar konsep).
3.      Umumnya semua semantic network adalah representasi grafis deklaratif yang dapat digunakan baik untuk mewakili pengetahuan atau untuk mendukung penalaran pengetahuan sistem otomatis.

Berikut adalah contoh semantic network pada materi sel elektrokimia:

berdasarkan desain yang saya buat menurut kalian apakah sudah efektif untuk proses pembelajaran? jika belum tolong berikan masukan teman-teman mana baikknya! karena masukan kalian sangat berarti bagi saya terima kasih.

13 comments:

  1. menurut saya desain yang dian buat sudah bisa efektif dilakukan tidak hanya untuk masa yang akan datang melainkan pada saat ini, namun, jika boleh memberi saran sebaiknya coba dikembangkan lagi untuk implikasi materi pembeljaran dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana jika siswa diajak untuk learning by environment (belajar berbasis lingkungan) dengan demikian makna pembelajarannya akan lebih tertanam kuat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sependapat dengan kaka Rini, "coba dikembangkan lagi untuk implikasi materi pembeljaran dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana jika siswa diajak untuk learning by environment (belajar berbasis lingkungan) dengan demikian makna pembelajarannya akan lebih tertanam kuat", pembelajaran dengan suasana baru dapat membuat siswa tidak merasa bosan, ini memberikan efek ygvpositif.

      Delete
  2. berdasarkan semantic network diatas masih menggambang karena kejelasan arah masih belum dijelaskan, karena misskonspsi sangat berdampak pada proses pembelajaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sependapat dengan kak tri, cukup efektif namun hanya dapat digunakan saat ini pada proses pembelajaran. hal ini karena saat ini memang media yang digunakan umumnya berupa yang dian gunkaan yaitu media flash. mungkin untuk dimasa depan akan lebih efektif digunakan media lain misalnya saja hologram dll.
      saya juga ingin menyarankan seperti yang disampaikan kak tri pada semantik network yang telah dibuat akan lebih baik bila diberi keterangan pada setiap gambarnya untuk lebih menegaskan apa yang dimaksudkan

      Delete
  3. berdasarkan desain yang telah dian buat setuju dengan kak rini dimana menurut saya sudah cukup efektif namun hanya dapat digunakan saat ini pada proses pembelajaran. hal ini karena saat ini memang media yang digunakan umumnya berupa yang dian gunkaan yaitu media flash. mungkin untuk dimasa depan akan lebih efektif digunakan media lain misalnya saja hologram dll.
    saya juga ingin menyarankan seperti yang disampaikan kak tri pada semantik network yang telah dibuat akan lebih baik bila diberi keterangan pada setiap gambarnya untuk lebih menegaskan apa yang dian maksudkan karena persepsi setiap orang akan sesuatu itu berbeda-beda, hal ini akan mengurangi terjadinya miskonsepsi terhadap semantik network yang telah dibuat tersebut. :)

    ReplyDelete
  4. Menurut pendapat saya desain yang dibuat oleh dian cukup efektif namun benar yang dikatakan kk rini tadi bahwasannya implikasi materi pembelajaran lebih baik dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga siswa lebih mudah paham.

    ReplyDelete
  5. menurut pendapat saya, semantik yang dikembangkan sudah cukup baik.sudah bisa diterapkan pada masa sekarang. namun untuk kedepannnya perlu dikembangkan lebih lagi, mengikuti perkembangan teknologi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sependapat dengan dani bahwa semantik yang dikembangkan sudah cukup baik.sudah bisa diterapkan pada masa sekarang. namun untuk kedepannnya perlu dikembangkan lebih lagi, mengikuti perkembangan teknologi.

      Delete
  6. menurut saya desain yang anda buat sudah bagus dan mungkin saran saya dapat anda tambahkan ke keterampilan/kemampuan apa yang ingin anda kembangkan untuk siswa anda. dan juga didalam semantik network Anda belum ada software/program AI yang dapat membantu siswa untuk belajar

    ReplyDelete
  7. Menurut saya desain yang dian buat sudah bisa efektif dilakukan tidak hanya untuk masa yang akan datang melainkan pada saat ini, namun, jika boleh memberi saran sebaiknya coba dikembangkan lagi untuk implikasi materi pembeljaran dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana jika siswa diajak untuk learning by environment (belajar berbasis lingkungan) dengan demikian makna pembelajarannya akan lebih tertanam kuat.

    ReplyDelete
  8. Saya setuju dengan pendapat teman-teman sebelumnya, semantic network yang dian buat sudah bagus namun disini pembelajaran kimia masih ngambang atau belum terintegrasi dengan baik dengan teknologi IOT nya. Sebaiknya pembuatan semantic network dibuat detail karena tujuan dibuat semantic network kan mempermudah siswa dalam memahami rute belajar bukan membingungkan siswa

    ReplyDelete
  9. saya juga setuju dengan pendapat teman" sebelumnya, bahwa semantic network yang dibuat oleh dian sudah bagus. namun semakin bagus jika dian dapat mengaitkan materi dengan kehidupan dan pengalaman siswa hingga siswa dapat merasakan pembelajaran yang iya jalani dapat bermakna.

    ReplyDelete
  10. Saya setyju dengan pendapat teman2 bahwa memang masih kurang sentuhan IoT dalam semantic network di dalam desain yang di buat dian

    ReplyDelete